Bosen Kursus Bahasa Inggris Tapi Hasilnya Gak Memuaskan? Berikut 4 Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak, Cepat & Efektif!

Di era digital ini, rasanya penting untuk belajar bahasa Inggris entah dengan mengikuti kursus, atau dengan cara belajar bahasa inggris otodidak saja. Karena sebagai bahasa internasional, bahasa inggris memiliki peranan yang sangat penting bagi kehidupan masyarakat modern. Dengan bekal kemampuan berbahasa inggris yang baik, tentu kita akan mendapatkan banyak keuntungan, terutama di dunia kerja dan hampir di segala bidang.

Dengan alasan inilah, kini banyak masyarakat yang mulai giat belajar bahasa inggris, baik melalui kursus maupun sekolah formal. Namun ada juga yang berminat untuk meningkatkan skill bahasa inggris mereka dengan belajar secara mandiri. Penasaran cara belajar bahasa inggris otodidak apa saja yang bisa kita coba? Yuk simak informasinya berikut ini. 

Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak: Tetapkan Tujuan

landasan utama cara belajar bahasa Inggris secara otodidak adalah tanya pada diri Anda sendiri apa tujuan Anda belajar bahasa inggris, mengapa Anda perlu meningkatkan skill bahasa inggris Anda. Dengan memiliki tujuan yang jelas, Anda bisa terus fokus dan konsisten selama Anda belajar bahasa inggris.

Selain itu, dengan mengetahui tujuan Anda belajar bahasa inggris, Anda akan selalu semangat sekaligus termotivasi, terutama ketika sudah mulai merasa bosan dan kehilangan minat belajar bahasa inggris. 

Dan yang paling penting adalah aplikasikan cara belajar yang paling cocok dengan sistem belajar Anda. Misal, Anda akan lebih mudah belajar di tempat dengan suasana yang tenang dan nyaman, dan lain sebagainya. 

Buat Jadwal Belajar

Meskipun Anda tahu cara belajar bahasa inggris secara otodidak, Anda tetap harus membuat jadwal belajar dengan tujuan agar Anda tetap disiplin, fokus, dan konsisten. Anda juga wajib patuhi jadwal yang sudah Anda buat sendiri. Tidak harus belajar setiap hari; sesuaikan jadwal belajar dengan rutinitas Anda sehari-hari. 

Sah-sah saja jika Anda ingin belajar bahasa inggris setiap hari dengan durasi 20 menit saja. Namun dengan catatan, Anda wajib ikuti jadwal yang sudah Anda buat sendiri. Kemudian,untuk mencegah rasa jenuh, sebaiknya beri variasi materi yang akan dipelajari nantinya.

Mulai dengan Materi Dasar Bahasa Inggris

Memulai dengan materi dasar adalah merupakan cara belajar bahasa Inggris otodidak yang penting. Ada beberapa jenis materi dasar bahasa inggris. Materi dasar di sini meliputi vocabulary, 3 skill bahasa inggris: speaking, writing, dan grammar. Ada banyak cara untuk belajar materi-materi di atas. Cara yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan teknologi internet yang biasa kita gunakan sehari-hari. 

Anda dapat belajar dari video yang diunduh dari Kanal Youtube. Atau Anda juga dapat mengasah skill bahasa inggris Anda dari hobi yang Anda sukai. Misal dari menonton film berbahasa inggris, mendengarkan lagu-lagu berbahasa inggris, membaca dan memahami teks berbahasa inggris, dan join dengan komunitas yang berisikan orang-orang yang memiliki minat yang sama dengan Anda, yaitu bahasa inggris. 

Kami akan bagikan trik ampuh untuk dapat belajar bahasa inggris dengan mudah dan pastinya seru melalui film atau musik. Melalui film, kita bisa mulai dengan mengganti subtitle film dengan subtitle bahasa inggris.

Ketika kita mulai terbiasa dengan subtitle bahasa inggris, kita bisa coba hilangkan subtitle. Meski awalnya sulit, kita nantinya akan terbiasa. Dari sini, kita akan mendapatkan banyak pelajaran, mulai dari cara melafalkan kosakata bahasa inggris dengan benar, mengetahui artinya, dan mengaplikasikannya dalam kalimat yang benar, dan lain sebagainya. 

Cara Belajar Bahasa Inggris Otodidak: Praktikan! 

Belajar bahasa inggris kurang lebih hampir sama dengan belajar sepeda. Meskipun secara teori Anda sangat memahami cara mengendarai sepeda, akan percuma jika Anda tidak mempraktikannya secara langsung. Demikian juga dengan belajar bahasa inggris. Praktikan secara rutin meski mungkin Anda merasa ada banyak kesalahan. 

Baca juga: Alat Penerangan Kapal Khusus Untuk Berlayar

Anda bisa mempraktikannya dengan memulai percakapan dengan menggunakan bahasa inggris dengan kawan Anda. Atau Anda bisa mencobanya untuk berkomunikasi di dunia maya seperti via live chat di media sosial. Atau Anda juga dapat tingkatkan lagi skill bahasa inggris Anda dengan join sebuah komunitas tertentu seperti english club dan lain sebagainya. 

Namun pada intinya, selain mencoba untuk mengaplikasikan beberapa cara belajar bahasa inggris otodidak di atas, Anda juga harus tekun dan sabar dalam menjalaninya.

Bagaimana, tak sabar untuk mencobanya? Dapatkan informasi menarik lainnya seputar pendidikan di situs academia.co.id. Di situs ini, ada banyak sekali informasi menarik dan mendidik yang pastinya tidak akan bosan untuk dibaca. Dan yang pasti konten-konten pada situs ini akan memberi manfaat bagi Anda para pembaca setia.