Menarik, Ternyata Inilah Sejarah Sepak Bola

Permainan menggiring bola yang merupakan olahraga populer ini banyak disukai orang dari berbagai kalangan. Berbagai kelompok usia maupun gender juga menggemari sepak bola ini. Jadi, kali ini, taka da salahnya mengulik sejarah sepak bola.

Sejarah Terciptanya Olahraga Yang Mengenakan Jersey Custom Ini

Sejarah Sepak Bola
Gambar oleh Ann — please donate dari Pixabay

Rasanya, tak ada yang tidak mengenal olah raga yang dilakoni Cristiano Ronaldo ini. Permainan dilakukan dengan mengadu keahlian dua tim dalam menggiring dan memasukkan bola ke gawang lawan. Setiap tim berisi sebelas orang, sehingga disebut kesebelasan.

Melihat kepopulerannya, tak ada salahnya jika memahami sejarah terciptanya olah raga sepak bola. Ternyata, perjalanan sejarahnya cukup unik. Berikut adalah sejarah olahraga yang digemari banyak orang ini.

1. Awalnya Merupakan Sarana Melatih Prajurit

Siapa sangka, di Tiongkok pada abad ke-2, sepak bola ini mulai dikenal melalui sebuah latihan untuk prajurit. Awalnya, permainan dimainkan oleh enam orang pada setiap tim. Bola yang digunakan berasal dari kulit binatang, dan digiring menuku gawang yang terbuat dari jaring.

Saat itu, aturan permainannya cukup sederhana, yaitu melarang pemain memegang bola. Mencetak gol hanya boleh dilakukan dengan menggiring bola dan menendangnya ke gawang lawan. Seiring berjalannya waktu, olahraga ini mulai dimainkan masyarakat umum.

2. Tergambar Pada Relief Yunani Purba

Tidak hanya di Tiongkok saja, permainan menggunakan bola ini juga dikenal di negara lain. Salah satunya adalah di Yunani. Relief peninggalan Yunani Purba menggambarkan seseorang sedang memainkan bola menggunakan paha.

Diyakini, relief tersebut merupakan penggambaran permainan bola pad zaman itu. Hal ini menunjukkan bahwa sepak bola sudah menjadi kegiatan yang digemari di berbagai negara sejak dahulu.

3. Sempat Dilarang Oleh Raja Edward III

Olah raga ini juga berkembang dan banyak digemari di Inggris. Namun, permainan ini sempat dilarang dilakukan oleh Raja Edward III. Penyebabnya adalah timbulnya banyak kekerasan yang terjadi selama pertandingan berlangsung.

Meskipun demikian, saat ini masyarakat Inggris dapat menikmati olahraga ini berkat adanya peraturan-peraturan yang disepakati dalam melakukannya. Bahkan, beberapa klub Inggris saat ini memiliki pamor luar biasa di kancah internasional.

4. Sejarah Masuknya DI Indonesia

Pada akhirnya, perkembangan olahraga ini pun sampai di Indonesia, yaitu pada tahun 1914. Sejak awal, olahraga ini langsung digemari oleh banyak orang. Kemudian, pada tanggal 19 April 1930, dibentuklah Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Yogyakarta.

Organisasi ini menaungi, bertanggung jawab, dan mengelola persepakbolaan di Indonesia. Pendiri PSSI adalah Soeratin Sosrosoegondo yang merupakan seorang insinyur sipil. Beliau pernah menyelesaikan pendidikannya di Jerman pada tahun 1927.

Pada awalnya, beliau melihat bahwa melalui olahraga ini, dapat meningkatkan nasionalisme pemuda Indonesia. Berbekal tekad tersebut, beliau megadakan pertemuan dengan beberapa tokoh sepak bola. Pada akhirnya terbentuklah PSSI yang terus berkembang hingga sekarang.

baca juga: Tips Menghemat Pemakaian Lampu dan Listrik dengan 3M

5. Berdirinya FIFA

Organisasi yang mengatur persepakbolaan nasional adalah FIFA (Federation internationale de football association). Organisasi ini didirikan di kota Paris Prancis, tepatnya pada tanggal 21 Mei 1904. Saat ini, FIFA beraggotakan 211 asosiasi yang masing-masing memeiliki jersey custom.

Tujuan didirikannya organisai ini adalah untuk mengatur pertandingan atau turnamen yang dilakukan antar negara dalam skala internasional. Organisasi ini juga mengatur peraturan pertandingan dan aturan transfer pemain antar klub.

Markas besar organisai ini berada di Zurich, Swiss. Pada perjalanannya, organisai ini sempat terancam bubar akibat adanya perang dunia. Untungnya, berkat perjuangan presiden FIFA saat itu, organisasi ini dapat bertahan, bahkan berkembang.

Perhelatan internasional yang diselenggarakan oleh FIFA adalah piala dunia. Turnamen ini dilaksanakan pertama kali pada tahun 1930. Negara yang pertama kali menjadi tuan rumah adalah Uruguay yang sekaligus menjadi negara pertama yang memenangkan piala dunia.

Peraturan yang disepakati secara internasional sampai saat ini adalah jumlah pemain, yaitu sebelas orang pada setiap tim. Hanya kiper saja yang boleh menyentuh bola menggunakan tangan. Pemain lainnya menggiring boleh menggunakan kaki tanpa boleh memegangnya.

Peraturan-peraturan modern sepak bola mulai dibuat pada tahun 1863. Hingga saat ini, Inggris merupakan negara yang terbanyak berpartisipasi dalam kancah internasional. Banyak klub dari Inggris yang memiliki pamor secara internasional.

Itulah tadi sejarah sepak bola mulai dari awal mula permainan yang sederhana, hingga modern saat ini. Sebagai olahraga yang sangat digemari banyak orang, wajar jika perlu dibuat aturan-aturan yang diakui secara internasional.