Tips Menghemat Pemakaian Lampu dan Listrik dengan 3M

Sebagian besar rumah tangga pasti ingin menghemat banyak biaya di listrik. Terutama menghemat pemakaian lampu dan listrik. Hampir setiap hari, listrik di rumah kita hidup selama minimal 12 jam. Oleh karena itu, sebuah Distributor Lampu Surabaya akan mencoba membagikan tips menghemat pemakaian listrik khusus untuk Anda.

Bayangkan, kalau listrik yang terbuang selama itu bisa dialokasikan untuk kehidupan orang-orang di daerah terpencil. Pasti mereka juga bisa menikmati listrik sama seperti orang yang tinggal di kota besar. Maka dari itu, mari menghemat pemakaian lampu dan listrik dengan Prinsip 3M.

Kalau begitu kapan sih waktu yang tepat untuk menyalakan lampu? Ketika matahari mulai terbenam,  nyalakan lampu rumah Anda agar suasana tetap terang. Nyalakan lampu ruang keluarga, ruang tamu, dapur, dan teras. Untuk lampu kamar, nyalakan ketika akan dipakai atau dibersihkan. Saat waktu beranjak tengah malam dan semua anggota keluarga mulai terlelap.

Untuk menghemat pemakaian lampu dan listrik matikan lampu listrik dapur dan ruang tamu karena kedua tempat ini sudah tidak digunakan lagi. Begitu juga dengan garasi dan kamar mandi.

Memasuki jam 5 pagi, segera matikan lampu kamar atau tempat lain yang lampunya masih menyala. Cara ini akan membantu menghemat energi dan juga memotong anggaran rumah tangga. Di samping itu, matahari sudah mulai menunjukkan jati dirinya, jadi buat apa menyalakan lampu kalau di luar terang benderang?

Oh ya, gerakan menghemat pemakaian listrik ini juga ada perayaannya lho!


Biasanya diadakan di hari sabtu terakhir bulan Maret. Acaranya cukup meriah dengan mengundang berbagai macam atraksi dari komunitas-komunitas setempat dan dilanjutkan dengan mematikan lampu di landmark kota.

Mulai dari balai kota, gedung pemerintahan, taman, hingga pusat perbelanjaan. Jika ingin berpartisipasi tapi tidak bisa pergi keluar, lakukan saja di rumah. Padamkan semua lampu dan alat elektronik selama kurang lebih satu jam, dari pukul 20.30 hingga 21.30.

Dengan begitu Anda telah mendukung acara perayaan Earth Hour ini dan membiarkan bumi menikmati kebebasannya meskipun hanya dalam waktu singkat.

Kalau begitu, mari mulai hemat energi yuk!

Tips Distributor Lampu Surabaya: Menghemat listrik dengan Prinsip 3M

Matikan peralatan listrik AC, lampu, komputer, printer jika tidak digunakan

Jangan biarkan peralatan terpasang pada saklar ketika sedang tidak digunakan. Baik itu pengisi daya gadget Anda, TV, setrika, maupun barang elektronik lainnya. Ketika Anda merasa tidak perlu menggunakan lampu listrik untuk suatu kegiatan, matikan.

Untuk menghemat pemakaian lampu dan listrik. Sebisa mungkin hindari kebiasaan meninggalkan barang elektronik dengan kabel masih tertancap pada saklar meski dalam keadaan mati atau off. Listrik akan tetap mengalir dalam kabel tersebut ke peralatan elektronik Anda.

Jika begini, listrik akan terbuang sia-sia. Dan Anda harus membayar tagihan listrik yang sebenarnya merupakan tagihan listrik yang terbuang percuma. Distributor Lampu menyarankan Anda  lebih baik mencabut kabel peralatan elektronik dari saklar. Hal ini untuk memutuskan daya listrik yang mengalir dan akhirnya terbuang begitu saja.

Mencabut kabel komputer, printer, dispenser dari stop kontak setelah selesai digunakan atau setelah jam kerja berakhir

Mencabut listrik dari komputer, printer, dan lainnya akan sangat membantu dalam menghemat pengeluaran untuk tagihan listrik. Penggunaan listrik ini berbagai peralatan elektronik ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang sudah Anda rencanakan sebelumnya dalam satu bulan.

Sehingga Anda bisa menghitung kebutuhan dan meninjau kembali apa saja yang sebenarnya bisa dieliminasi dari pemakaian listrik yang berlebihan dan dialokasikan pada kebutuhan lain yang lebih penting.

Mengatur suhu ruangan  (AC) 25°C – 26°C

Mesin pendingin ini bekerja dengan menggunakan listrik lebih banyak dibandingkan dengan peralatan elektronik lainnya. Bila di rumah Anda menggunakan AC, pilihlah AC yang hemat energi dengan kemampuan untuk menaikkan suhu atau off secara otomatis ketika ruangan sedang ada sedikit orang atau justru tidak ada orang sehingga tidak perlu Anda mendinginkan ruangan yang efeknya tidak akan dirasakan siapa-siapa.

Sesuaikan suhu AC dengan luas ruangan dan jumlah orang yang ada. Suhu 20°C untuk luas ruangan sama yang diisi oleh satu orang dengan 5 orang dapat dirasakan berbeda.

Cara-cara di atas merupakan beberapa alternatif yang bisa diterapkan untuk menghemat pemakaian lampu dan listrik.

Mengingat bumi kita juga sudah cukup tua dan isu penghematan energi yang sedang gencar disuarakan. Distributor Lampu Surabaya berpendapat tidak ada salahnya kita turut berpartisipasi dalam penghematan penggunaan energi listrik.

Selain untuk kepentingan anak cucu kita nantinya supaya bisa menggunakan energi-energi ini, kita juga dibebaskan dari biaya tagihan yang membengkak dan bisa mengalokasikan dana untuk kepentingan lain yang masuk dalam daftar prioritas kebutuhan harian Anda.   

Hubungi distributor lampu Surabaya atau di kota anda untuk info lebih lanjut.

Share artikel ini. Simak juga artikel menarik kami lainnya.